Langsung ke konten utama

Jenis Dasar Pompa

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai alat yang disebut pompa bukan. pompa SA*YO, pompa Shimi*zu, dll. pompa biasanya digunakan untuk mengalirkan fluida dari suatu tempat ke tempat lain. sistem kerjanya adalah dengan meningkatkan tekanan pada bagian hisapnya dan mengurangi tekanan pada bagian keluarannya.

Gas dan cairan kan termasuk fluida. apakah gas juga bisa menggunakan pompa?

pompa digunakan untuk mengalirkan cairan bukan gas. ya, walaupun gas dan cairan sama sama fluida tetapi keduanya memiliki sifat yang berbeda. misalnya terhadap tekanan, cairan memiliki sifat inkompresibel (tidak dapat ditekan/ atau volumenya tidak berubah terhadap tekanan. sedangkan gas adalah fluida yang bersifat kompresibel (volumenya berubah terhadap pemberian tekanan).

untuk gas biasanya alat yang digunakan adalah Kompressor Kompressor adalah alat yang diguanakan untuk menghasilkan udara bertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebut didalam tangki penyimpanan.

Berdasarkan konstruksi dan cara kerjanya, pompa dapat digolongkan menjadi 3 macam yaitu:


1. Pompa bolak-balik, yaitu pompa yang mempunyai katup isap dan katup buang. anima dari pompa jenis ini dapat dilihat pada gambar berikut.


Pompa bolak balik ini ada 3 macam yaitu.
a. Pompa Torak
Pompa torak ada dua jenis lagi, pompa torak kerja tunggal atau ganda
Pompa torak kerja tunggal memiliki katup hisap dan katup buang. cara kerjanya, pada saat torak bergerak mundu, tekanan didalam silinder menjadi kecil sehingga katup hisap terbuka sehingga zat cair terhisap kedalam silinder. setelah itu torak bergerak maju menyebabkan tekanan dalam silinder menjadi meningkat kemudian menutup katup hisap dan membuka katup buang. selanjutnya air mengalir melalui katup buang. animasi pompa torak tunggal dapat dilihat pada gambar berikut.



Sedangkan pompa torak ganda memiliki dua katup hisap dan dua katup buang. prinsip kerja sama dengan pompa torak kerja tunggal. akan tetapi, kapasitas yang dihasilkan lebih besar dan kontinu. animasi pompa torak ganda dapat dilihat pada gambar berikut



 2. Pompa Plunyer


3. Pompa Membran/Sekat

 



Sumber :
1. http://warnifatimah.blogspot.com/2014/01/makalah-utilitas-pompa-dan-kompresor.html
2. https://iwanaik.wordpress.com/2010/11/29/pompa-3/

Komentar